Nama Sekolah: SDK Insan Mandiri
Tahun Berdiri: 1996
Ijin Operasional:

Jenjang Sekolah: SD
Status Akreditasi & Nilai: A, 93.00
Tanggal/Masa Akreditasi:

Jumlah Siswa:
Jumlah Kelas:
Jumlah Guru/Pegawai:

Alamat

Jl. Untung Surapati no. 448, Subagan,
Kec. Karangasem, Kab. Karangasem
Bali 80811

Telp.: (0363) 4301231

Galeri

Mengacu pada Visi dan Misi di atas maka tujuan SD Insan Mandiri Amlapura adalah:

A. Bidang Akademik
  1. Terciptanya kurikulum yang inovatif sesuai dengan tuntutan masyarakat, perkembangan pengetahuan, dan teknologi dengan implementasinya secara berkelanjutan
  2. Semua pendidik mampu menyelenggarakan pembelajaran yang interaktif, inovatif, merangsang, menantang, dan menyenangkan.
  3. Terlaksananya penilaian dengan prinsif-prinsif yang benar secara berkelanjutan.
  4. Semua siswa kelas I telah mampu membaca, menulis, dan berhitung dasar paling tidak pada akhir semester ganjil.
  5. Tumbuhnya kebiasaan belajar secara mandiri dengan pemanfaatan segala fasilitas yang ada.
  6. Tercapainya peningkatan prestasi rata-rata akademik siswa setiap tahun yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  7. Diterimanya semua lulusan SD Insan Mandiri Amlapura pada SMP yang berkualitas.
  8. Tercapainya prestasi minimal baik bagi semua peserta didik untuk semua jenis mata pelajaran maupun muatan yang terkandung dalam tema.
  9. Tercapainya juara/predikat minimal 3 besar di Kecamatan Karangasem, Tingkat Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, bahkan meraih juara Tingkat Nasional dalam berbagai kejuaraan bidang akademik.
  10. Tersedianya sarana pembelajaran yang memadai termasuk media IT.
  11. Tersedianya sumber belajar (perpustakaan sekolah) yang memadai.
B. Bidang Non Akademik
  1. Terwujudnya warga sekolah yang memiliki budaya bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan pembiasaan berdoa atau sembahyang dalam memulai dan mengakhiri setiap kegiatan.
  2. Melalui ekstrakurikuler dan pengembangan diri, peserta didik memiliki dasar-dasar keterampilan hidup sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan dan/ atau terjun di masyarakat.
  3. Semua warga sekolah memiliki rasa tanggung jawab, perilaku yang mencerminkan budi luhur, tawakal, toleransi, santun, dan kenijaksanaan.
  4. Berhasil masuk dalam 3 besar dalam berbagai kejuaraan non akademik di tingkat Kecamatan Karangasem, Provinsi Bali.
  5. Terwujudnya perilaku warga sekolah yang memiliki etos kerja tinggi, kompetitif, dan penuh motif berprestasi.
  6. Terwujudnya sekolah yang kondusif, sehat, bersih, sejuk, dan nyaman.
  7. Terwujudnya persaudaraan sejati yang penuh kasih diantara warga sekolah.
  8. Terwujudnya pelayanan pendidikan yang profesional dan berkualitas.
  9. Terjalinnya hubungan yang semakin harmonis antara sekolah dengan komite, orang tua peserta didik, dan masyarakat.
Awal Berdirinya SD Insan Mandiri

SD Insan Mandiri didirikan bermula dari keinginan beberapa orang tua murid yang telah menyekolahkan putera-puterinnya  di TKK Swastiastu (sekarang bernama TKK Bintang Kejora). Mereka telah merasakan pendidikan yang diterima oleh putera-puterinya dengan perubahan sikap yang baik, memperoleh pembiasaan-pembiasaan yang baik, serta terlatih kedisiplinannya sejak usia dini.Para orang tua berharap putera-puterinya mendapatkan pendidikan di Yayasan ini tidak terputus sampai di TK saja, melainkan terus berlanjut ke Sekolah Dasar bahkan jika dimungkinkan sampai ke jenjang Perguruan Tinggi.

Atas dorongan itulah beberapa orang tua menyampaikan harapannya kepada Kepala Sekolah TKK Swastiastu yang saat itu dijabat oleh Ibu Coleta Ratnawati.Ibu Coleta Ratnawati menaggapi harapan orang tua murid, dan meneruskannya kepada pihak Yayasan Swastiastu Pusat Denpasar.

Yayasan menyambut baik aspirasi dari orang tua tersebut, dan sebagai tindak lanjut Yayasan mengajukan Proposal Permohonan Pendirian SD di Kabupaten Karangasem kepada Bupati Karangasem, Dinas Pendidikan, Camat dan Kelurahan padatanggal 25 November 1996.

Dari beberapa instansi tersebut di atas, hanya Dinas Pendidikan Kabupaten Karangasem yang memberi Surat balasan/jawaban yang isinya mendukung berdirinya SD Swastiastu.

Berbekal surat dukungan dari Dinas Pendidikan  Kabupaten Karangasem (saat itu dijabat oleh Bapak Pasek) tersebut, Yayasan Swastiastu memberanikan diri untuk menerima siswa baru Tahun Ajaran 1997/1998 sambil tetap berupaya mengurus ijin operasional.

Pada tanggal 1 Juli 1997, SD Swastiastu mulai  menerima siswa baru sejumlah 19 anak. Dalam memulai kegiatan pembelajaran didatangkan seorang guru bernana Bapak Antonius Eko Budiyanto sebagai guru kelas I,  dan Ibu Ketut Sarini sebagai guru bidang studi Agama Hindu dan Bahasa Bali. Kegiatan belajar dilaksanakan dengan meminjam ruang kelas TKK Swastiastu.

Pengajuan permohonan ijin operasional terus dilaksanakan, walaupun menghadapi banyak  tantangan dan hambatan.

Ibu Coleta Ratnawati mencurahkan segala perhatian, pikiran, waktu, tenaga berupaya pengadakan pendekatan dan terobosan-terobosan untuk memperoleh ijin operasional demi mewujudkan pelaksanaan pendidikan yang legal, aman dan nyaman.

Gedung SD Swastiastu pun akhirnya berdiri dan diberkati pada tanggal 6 Agustus 1998  oleh Rm. Christian Grison,MEP, dengan harapan siapapun yang berkarya dan para siswa yang menuntut ilmu di tempat ini, senantiasa mendapatkan berkat dan kekuatan dari Tuhan yang mahabaik.

Gedung  SD Swastiastu terdiri dari  6 ruang kelas dan dilengkapi ruang-ruang lain yang diperlukan, dengan demikian dimungkinkan dapat menerima siswa lebih banyak, dan para siswa dapat mengikuti pendidikan di tempat yang layak dan memenuhi syarat.

Pada tahun ajaran 1998/1999 menerima  25 siswa, tahun ajaran 1999/2000 menerima 35 anak dan tahun 2000/2001 memperoleh 18 siswa.

SD Swastiastu Memasuki Masa Sulit

Tiga kali berturut-turut Yayasan mendapatkan teguran dari Bapak Bupati Karangasem saat itu, agar Yayasan mengambil langkah mengembalikan para siswa kepada orang tua untuk dapat meneruskan pendidikannya pada SD lain  yang dituju.

Teguran I tertanggal 18 April 2001, Teguran II, tertanggal 30 Mei 2001, dan Teguran III tertanggal 19 Juli 2001.

Isi Teguran III: apabila  sampai tanggal 31 Juli 2001 Yayasan belum mengambil langkah-langkah nyata sesuai dengan teguran I dan II, maka Pemerintah Daerah akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Membaca isi teguran III ini memang banyak orang merasa tercengang dan cemas mengkhawatirkan kelangsungan hidup  SD Swastiastu, terlebih para orang tua yang putera-puterinya berada di sekolah ini.

Dengan teguran-teguran itu, Yayasan berupaya memberikan penjelasan-penjelasan secara tertulis dan secara langsung bahwa pelaksanaan Pendidikan di SD Swastiastu mengacu pada UU Sistem Pendidikan Nasional, menggunakan Kurikulum Nasional dan Visi -  Misinya jelas yaitu  ikut berjuang mencerdaskan anak bangsa lewat pendidikan, khususnya di Kabupaten Karangasem.

Bahkan Wakil dari Forum Orang Tua murid saat itu, mengajukan surat mohon doa restu kepada Ibu Megawati Sukarno Putri ketua PDI Perjuangan, surat ditandatangani oleh Wakil Forum Orang Tua Murid Bpk. DRS I WAYAN SANGGA dan Penasehat Hukum Bpk. I WAYAN BAGIARTA, SH, MH.

Walaupun mengalami banyak hambatan, rintangan dan jatuh bangun dalam perjuangan,  Yayasan, pihak  sekolah beserta para orang tua bergandeng tangan tak gentar menghadapi semua hambatan dan rintangan tersebut untuk memperjuangkan kelangsungan hidup sekolah ini dan masa depan pendidikan putera-puterinya.

Dalam perjalanan juga mengalami perubahan nama pada tahun ajaran 2000/2001 dari SD Swastiastu menjadi  SD Bintang Kejora, mulai tahun 2001 sampai sekarang SD ini bernama SD Insan Mandiri.

Hambatan, rintangan serta jatuh bangun, telah mewarnai seluruh perjalanan dan perjuangan SD Insan Mandiri, namun semuanya tak menyurutkan semangat Kepala Sekolah, para guru dan karyawan waktu itu, sehingga SD Insan Mandiri tetap hidup dan berkembang, tahun ajaran 2002/2003 pertama kalinya menamatkan siswa sejumlah 5 anak.  Perjalanan angkatan pertama ini memang penuh gejolak, sehingga dari 19 anak, tinggal 5 anak yang bisa ditamatkan.

Tentu kita pantas memberikan penghargaan yang tinggi,  berbangga dan berterima kasih kepada orang tua yang tetap setia mempercayakan pendidikan  putera-puterinya kepada SD Insan Mandiri.

SD Insan Mandiri pada Babak Baru

Berkat kebaikan dan kesetiaan Tuhan yang mahabaik, serta kegigihan para pionir, SD Insan Mandiri pada tanggal 28 April 2008, mendapatkan Ijin Operasional oleh Bapak Bupati I Wayan Geredeg, SH  (beliau pernah ikut berjuang pada masa-masa  sulit yang tersebut di atas).

Dengan diterimanya ijin operasional sekolah, maka keberadaan SD Insan Mandiri sudah diakui oleh pemerintah Karangasem, boleh menyelenggarakan ujian sendiri, karena selama ini pelaksanaan ujian siswa kelas VI bergabung dengan SD St. Yosef 2 Denpasar.

Kami bersyukur bahwa dengan ijin operasional sekolah, kami merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan pelayanan pendidikan di SD Insan Mandiri.

Keberadaan sekolah ini semakin diperhitungkan dan dipercaya oleh pemerintah, dinas pendidikan dan masyarakat luas. Hal ini dapat kita lihat dari tampilnya putera-puteri SD Insan Mandiri dalam  kegiatan-kegiatan perlombaan dan kompetisi dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan menembus sampai tingkat Internasional. Pada tahun 2009 mengikuti IMSO (International Mathematic and Science Olympiad) bidang Sains yang diwakili oleh Putera Dewa Haryono, tahun 2010 mengikuti IMSO bidang Matematika diwakili Michael Prasetio. Masih banyak prestasi yang diperoleh oleh putra-putri SD Insan Mandiri baik di bidang akademik maupun non akademik.

SD Insan Mandiri juga semakin dikenal dan dipercaya oleh masyarakat, ini dapat kita lihat dari dua tahun terakhir ini pendaftar masuk di kelas I tidak dapat  tertampung lagi, memang banyak orang tua yang kecewa, tetapi tidak mungkin menerima semua anak karena terbatasnya tempat.

Tahun 2018 ini SD Insan Mandiri telah memasuki usia 21 tahun, bila dilihat dari usia kronologis manusia, saat ini SD Insan Mandiri telah memasuki usia dewasa namun masih harus banyak belajar dan berjuang untuk masa depan yang lebih kuat dan tangguh.

Oleh karena itu kami insan pendidik di SD Insan Mandiri mengandalkan kekuatan dari Allah yang mahasetia, terus  bertekad bersatu hati berjuang untuk melayani putera-puteri yang dipercayakan di sekolah ini, menjadi insan-insan yang beerkualitas, cerdas secara menyeluruh , berkarakter dan mandiri sesuai dengan visi dan misi SD Insan Mandiri Amlapura.

  1. Juara 1 lomba Baca Puisi Bahasa Inggris tingkat Provinsi
  2. Juara 2 lomba Pianika tingkat Propinsi
  3. Juara 2 Wushu Kejurda Bali 2018
  4. Juara 3 lomba Menyanyi tingkat Kabupaten
  5. Juara 3 Wushu tingkat Kejurda Bali 2018
  1. Gedung / Ruang Belajar
  2. Lab Komputer
  3. Perpustakaan
  4. Halaman Sekolah
  5. Lapangan Olahraga
  6. Tempat Persembahyangan
  7. UKS
  8. Kamar Mandi / WC

SDK INSAN MANDIRI memiliki jumlah rombel sebanyak 11, dengan uraian sebagai berikut:

Uraian Rombel 1 Rombel 2 Rombel 3 Rombel 4 Rombel 5 Rombel 6
L P Tot L P Tot L P Tot L P Tot L P Tot L P Tot
Jumlah 26 38 64 24 17 41 20 32 52 44 27 71 29 14 43 24 23 47
KEPALA SEKOLAH & GURU
Kepala Sekolah:

Sr. Yuventia Sudaryanti, SPM

Guru Kelas
  1. Ida Ayu Made Waruniathi, S.Pd
  2. Ida Ayu Ketut Ariani, S.Pd
  3. Ni Wayan Ranti Hariati, S.Pd.SD
  4. Vinsensius Kharismawanto, S.Pd.SD
  5. I Gusti Putu Setiarsa, S.Pd
  6. I Md Putra Wijaya, S.Pd
  7. Ni Made Erna Lidyantari, S.Pd.SD
  8. Ni Kadek Ariastini, S.Pd
  9. Ni Komang Suni Astini, S.Pd
  10. Wayan Yanik Yasmin, SH., M.Si
  11. Ni Kt Sasmita Indrayuni, S.Pd
  12. Ni Wyn Ari Purnami Ayu Laksmi, S.Pd
  13. Angelina Regina Lero, S.Pd
  14. Ni Made Sugiantari, M.Pd
PEGAWAI
  1. Ni Ketut Semi Diantari
  2. I Made Sumerti
  3. I Nengah Suardita
  4. Petronela Peni Maran
  5. Petti Berta Samosir

Proses pendaftaran:

  1. Calon siswa mengisi form pendaftaran online dengan lengkap dan benar, setelah klik KIRIM, calon siswa akan menerima balasan email sebagai bukti sudah mendaftar.
  2. Calon siswa menerima balasan email dari pihak sekolah beserta informasi terkait pendaftaran siswa baru dan berkas-berkas yang harus dilengkapi.
  3. Calon siswa wajib membawa dan memberikan berkas-berkas yang diperlukan dengan datang langsung ke sekolah.

Silahkan isi data-data dibawah ini dengan lengkap dan benar.