Nama Sekolah: SMPK Santo Paulus Singaraja
Tahun Berdiri: 1965
Ijin Operasional: 420/6966/DIkdas/Disdik/2016

Jenjang Sekolah: SMP
Status Akreditasi & Nilai: Peringkat A
Tanggal/Masa Akreditasi: 25 Oktober 2016

Jumlah Siswa:
Jumlah Kelas:
Jumlah Guru/Pegawai:

Alamat

Jl. Kartini, Banyuasri
Kec. Buleleng, Kab. Buleleng
Bali 81116

Telp.: (0362) 21084

Galeri

Tujuan penyelenggaraan pendidikan di SMP Katolik Santo Paulus Singaraja disusun dalam rangka mewujudkan visi dan menjalankan misi yang telah dirumuskan. Adapun tujuan sekolah adalah untuk:

1. Berprestasi dalam Mutu
  1. Tersusunnya dokumen kurikulum dalam rangka mengimplementasikan Standar Isi.
  2. Meningkatnya kompetensi dan kualifikasi akademik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang profesional.
  3. Mewujudkan penyelenggaraan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM).
  4. Mewujudkan sarana dan prasarana sekolah yang relevan, mutakhir dan berwawasan ke depan.
  5. Mewujudkan lulusan yang cerdas memiliki kecakapan personal, sosial, akademik dan vocasional.
  6. Mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh.
  7. Mewujudkan penggalangan biaya pendidikan yang memadai.
  8. Mewujudkan penyelenggaraan pembelajaran dan Bimbingan pembelajaran secara efektif untuk mengoptimalkan prestasi akademik yang dimiliki siswa.
  9. Mengikuti lomba-lomba akademis dan non-akademis.
2. Asri dalam Penampilan
  1. Mewujudkan lingkungan sekolah yang asri dan nyaman untuk pembelajaran.
  2. Mewujudkan partisipasi komite dan warga lingkungan sekolah secara maksimal.
3. Berwawasan Budaya
  1. Mantapnya kondisi disiplin seluruh warga sekolah.
  2. Mewujudkan pendidikan berlandaskan iman, cinta kasih menjadi kultur sekolah.
  3. Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan sekolah.
  4. Mewujudkan pelestarian dan mengembangkan seni budaya bangsa.
  5. Meningkatkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut guna memiliki budi pekerti yang baik dan luhur.
4. Program pencapaian tujuan sekolah
  1. Jangka panjang (8 tahun ke depan): terwujudnya pendidikan yang bermutu, berkarakter atas dasar iman berlandaskan cinta kasih.
  2. Jangka menengah (4 tahun ke depan): terwujudnya siswa yang bertumbuh dalam iman, cerdas, terampil, mandiri berkarakter berlandaskan cinta kasih.
  3. Jangka pendek (1 tahun ke depan): terwujudnya kurikulum yang handal membentuk kepribadian, cerdas, terampil, beriman dan mandiri berlandaskan kasih.

SMP Katolik Santo Paulus Singaraja didirikan tanggal 1 Agustus 1965 berdasarkan Akta Pendirian Yayasan Swastiastu Nomor 54 tanggal 27 Agustus 1998. Nama “Santo Paulus” diambil dari nama pelindung Paroki Gereja Katolik Singaraja. Sekolah ini pada awalnya terletak di Jl. Baliwerti (sekarang Jl. Imam Bonjol) No. 3, Banjar Bali, Singaraja. Kondisi saat itu, sekolah ini memiliki areal yang sempit dan fasilitas yang belum memadai. Kemudian pada bulan Agustus 1966 berpindah lokasi baru, yaitu di Jl. Kartini No. 3 Singaraja sampai sekarang.

Sejak berdiri sampai saat ini, sudah banyak peran dari masyarakat, gereja setempat, dan terutama para kepala sekolah yang telah menumbuhkembangkan sekolah ini. Berikut ini adalah daftar kepala sekolah yang menjabat di SMP Katolik Santo Paulus Singaraja.

  1. Thomas Maridjan Koop (1965 – 1969)
  2. B. Da Rato (1969 – 1973)
  3. Ida Bagus Yudhana (1973 – 1975)
  4. Nurdana, BA (1975 – 1976)
  5. Y. Sarsito, BA (1976 – 1986)
  6. Daniel A. F. Tonjes, BA (1986 – 2006)
  7. L. Hary Budi Utomo (2006 – 2011)
  8. Sophia Upi, S.Sp.S., M. Pd (2011 – sekarang)

Pada tahun 2016, SMP Katolik Santo Paulus Singaraja diakreditasi dan mendapat status terakreditasi “A” berdasarkan SK Penetapan Hasil Akreditasi BAP-S/M Nomor 536/BAP-SM/LL/X/2016 tanggal 25 Oktober 2016.

1. HAL MASUK SEKOLAH
  1. Siswa sudah hadir di sekolah selambat-lambatnya 10 menit sebelum pelajaran dimulai.
    • Upacara bendera dimulai pukul 07.00 WITA.
    • Olahraga dilaksanakan pukul 06.00 WITA.
  2. Siswa yang datang terlambat ke sekolah tidak diperkenankan masuk ke dalam kelas sebelum melapor kepada guru piket untuk memperoleh surat izin masuk.
  3. Apabila terdapat halangan yang berarti atau mendesak, siswa wajib telepon ke sekolah.
2. MENINGGALKAN SEKOLAH SEBELUM WAKTUNYA

Izin meninggalkan sekolah sebelum waktunya dapat diberikan apabila:

  1. Siswa sakit di sekolah atau saat mengikuti pelajaran
  2. Atas permintaan orang tua melalui surat resmi kepada wali kelas pada hari tersebut dengan alasan tertentu.
3. TIDAK MASUK SEKOLAH/ABSEN
  1. Siswa yang berhalangan hadir di sekolah karena sakit/alasan tertentu yang bersifat mendadak, diharapkan dengan sangat agar orang tua/wali siswa memberitahukan ketidakhadiran siswa melalui telepon (0362) 21084 atau menyerahkan surat pemberitahuan ketidakhadiran dengan yang ditandatangani oleh orangtua/wali siswa.
  2. Apabila siswa tidak masuk karena harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit atau sakit selama 3 hari berturut-turut, orang tua diharapkan datang ke sekolah untuk memberitahukan hal tersebut pada wali kelas dengan membawa surat keterangan dari dokter/rumah sakit.
  3. Apabila siswa tidak masuk dan sudah direncanakan sebelumnya (upacara agama), maka sehari sebelum pelaksanaan orang tua siswa menyerahkan surat pemberitahuan yang ditandatangani oleh orang tua/wali dan meminta izin kepada wali kelas/Kepala Sekolah.
4. PAKAIAN DAN CARA BERBUSANA
  1. Pada waktu sekolah/berada dalam lingkungan sekolah siswa diwajibkan berpakaian seragam sekolah secara rapi dan bersih. Hem dimasukkan ke dalam rok/celana pendek dan wajib memakai ikat pinggang hitam SMPK Santo Paulus Singaraja.
  2. Pada waktu sekolah diharuskan memakai sepatu hitam dan kaos kaki dengan ketentuan di atas mata kaki.
  3. Pada waktu pelajaran olahraga dan pengembangan diri (hari sabtu), siswa diwajibkan mengenakan pakaian olaharaga yang diwajibkan oleh sekolah.
  4. Pemakaian seragam dan sepatu:
    • Hari Senin s/d hari Kamis dan hari besar nasional memakai seragam OSIS lengkap dengan atributnya.
    • Hari Jumat memakai seragam pramuka lengkap.
    • Untuk siswi, panjang rok 5 cm di bawah lutut, tidak memakai perhiasan secara berlebihan, rambut diikat serta poni tidak boleh melebihi alis mata dan tidak dicat.
    • Untuk siswa, panjang celana 5-10 cm di atas lutut, rambut dipotong rapi dan tidak di cat, tidak memakai gelang, anting, cincin, tindikan, dan tato.
    • Saat memakai kemeja, siswa mengkancingkan kemejanya, tidak melipat, dan tidak dikeluarkan.
    • Semua siswa memakai kaos dalam, baik perempuan maupun laki-laki.
    • Semua siswa tidak diperbolehkan memakai pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar.
    • Bagi siswi, diwajibkan untuk menggunakan celana pendek saat memakai rok.
    • Pada waktu liburan, setiap siswa wajib mengenakan seragam sekolah jika berurusan dengan sekolah.
5. HAK SISWA
  1. Setiap siswa berhak mendapatkan perlakuan dan pelayanan yang sama selama tidak melanggar tata tertib.
  2. Setiap siswa berhak menggunakan fasilitas sekolah sesuai fungsinya dengan mentaati ketentuan yang berlaku.
  3. Setiap siswa berhak mengikuti pelajaran serta kegiatan lain yang dilaksanakan sekolah selama tidak melanggar tata tertib.
  4. Setiap siswa berhak mengemukakan pendapat untuk kebaikan dan kemajuan sekolah melalui jalur yang benar.
6. KEWAJIBAN SISWA
  1. Setiap siswa mengikuti pelajaran dan kegiatan sekolah lainnya sesuai jadwal yang telah ditetapkan kecuali atas izin Kepala Sekolah.
  2. Setiap siswa wajib melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan belajar dengan sebaik-baiknya.
  3. Setiap siswa wajib taat kepada Kepala Sekolah/Guru/Pegawai Sekolah dalam pelaksanaan tugas pendidikan dan penegakkan tata tertib sekolah.
  4. Setiap siswa wajib menghormati, menghargai semua tamu yang datang mengunjungi sekolah SMPK Santo Paulus Singaraja.
  5. Setiap siswa wajib menjaga dan menjunjung tinggi nama baik dan martabat sekolah baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
  6. Setiap siswa wajib melindungi dan membimbing teman dari kelas atau jenjang yang lebih rendah.
  7. Setiap siswa wajib saling menghargai dan menghormati sesama pelajar, harus bersahabat, bekerja sama baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  8. Setiap siswa wajib untuk memberi salam kepada Kepala Sekolah, para guru, pegawai, dan tamu sekolah yang datang berkunjung.
  9. Setiap siswa wajib memelihara, merawat, dan menjaga semua tanaman, fasilitas, sarana, dan prasarana pendidikan yang disediakan oleh sekolah.
  10. Setiap siswa wajib mengikuti pelajaran keagamaan yang merupakan salah satu pelajaran intrakurikuler di sekolah.
  11. Bila ada siswa yang mengetahui adanya kerusakan segera melapor kepada wali kelas.
7. LARANGAN BAGI SISWA
  1. Meninggalkan kelas/sekolah selama pelajaran berlangsung kecuali ada izin tertulis dari guru piket/wali kelas/Kepala Sekolah.
  2. Waktu istirahat siswa dilarang berada di dalam kelas.
  3. Membawa dan memakan makanan dan minuman di dalam kelas.
  4. Siswa dilarang membuang sampah sembarangan.
  5. Siswa dilarang untuk menginjak rumput dan merusak tanaman di sekitar lingkungan sekolah.
  6. Membawa/mengkonsumsi rokok, minum-minuman keras, dan segala jenis obat terlarang (narkotika).
  7. Membawa komik, majalan, tabloid, video, dan gambar yang bersifat pornografi dan di luar pelajaran.
  8. Berkelahi dan main hakim sendiri, jika menemui persoalan antara sesama dalam lingkungan sekolah.
  9. Untuk siswa putri, panjang rok 5 cm di bawah lutut dan kemeja tidak press body/ketat.
  10. Untuk siswa putra, rambut harus selalu pendek.
  11. Membawa alat komunikasi (handphone).
  12. Menjadi anggota perkumpulan anak-anak nakal dan terlarang.
  13. Membawa senjata api/benda-benda tajam serta alat-alat lain yang bersifat membahayakan keselamatan badan/nyawa dan atau mengganggu keamanan, kecuali untuk pembelajaran.
  14. Terlibat pencurian di dalam lingukangan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
  15. Mencoret/merusak tembok, pintu, jendela, kursi, dan sarana prasarana sekolah.
8. KEBERSIHAN, KENYAMANAN, DAN KEAMANAN SEKOLAH
  1. Setiap pagi siswa memeriksa meja dan tempat duduk masing-masing dan membuang sampah yang ada di kelas ke tempat sampah yang disediakan.
  2. Menyiapkan tempat cuci tangan yang berisikan air dan menempatkannya diluar kelas samping pintu pada tempat yang telah disediakan.
  3. Setiap awal dan akhir pelajaran siswa diwajibkan berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh petugas piket kelas.
  4. Papan tulis harus sudah bersih dan alat tulis (spidol) sudah tersedia sebelum guru bidang studi memasuki kelas.
  5. Selama pembelajaran berlangsung, siswa diwajibkan menajaga ketenangan dan ketertiban kelas serta mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh.
  6. Bila 5 menit setelah bel berbunyi guru belum juga masuk ke dalam kelas, ketua kelas wajib untuk menanyakan kepada guru piket. Jika guru yang bersangkutan berhalangan untuk mengajar, siswa belajar mandiri di bawah pengurus kelas.
  7. Siswa dilarang meninggalkan ruang kelas saat pelajaran berlangsung tanpa ijin dari guru yang sedang mengajar.
  8. Saat jam pelajaran kosong/bebas dan tidak ada tugas dari guru, siswa bisa ke perpusatakaan atrau tetap di dalam kelas dengan catatan agar tenang/tertib dengan melakukan hal-hal yang positif seperti membaca atau membahas soal-soal yang ada di dalam buku pelajaran/LKS.
  9. Tidak berkeliaran di dalam maupun di luar kelas saat pelajaran berlangsung
9. SANKSI
  1. Setiap siswa yang melanggar tata tertib ini serta peraturan pelaksanaannya, akan dikenakan sanksi berupa peringatan tertulis dengan tembusan pada orang tua atau wali siswa.
  2. Mendapatkan skorsing atau dikeluarkan sementara dari kelas atau sekolah.
  3. Dikeluarkan dari sekolah (drop out).
  4. Peraturan tata tertib siswa yang tidak yang atau belum diatur dalam buku ini, akan diatur dan diumumkan dengan cara lain.
  5. Tata tertib ini berlaku sejak ditetapkan.
  6. Keterangan sanksi dari setiap pelanggaran terlampir pada halaman berikutnya.
  1. Ruang belajar
    Ruang kelas di sekolah kami sangat nyaman untuk belajar, dilengkapi dengan LCD, dan kipas angin.
  1. Laboratorium komputer
    Sekolah kami memiliki laboratorium komputer yang sudah dilengkapi dengan AC dan Wifi.
  1. Laboratorium IPA
    Sekolah kami juga memiliki laboratorium IPA untuk menunjang proses pembelajaran IPA.
  1. Laboratorium Bahasa
    Selain laboratorium IPA, sekolah kami juga memiliki laboratorium bahasa.
  1. Perpustakaan
    Perpustakan disekolah kami memiliki buku-buku yang berkualitas, baik buku pelajaran ataupun buku cerita, baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris yang akan menambah wawasan siswa.
  1. Unit Kesehatan Sekolah
    Sekolah kami memiliki ruang UKS yang dilengkapi dengan tempat tidur dan peralatan lain yang menunjang kebutuhan kesehatan seperti obat-obatan.
  1. Kantin sekolah
    Sekolah kami memiliki kantin sekolah yang bersih dan menjual makanan yang sehat.
  1. Lapang Olahraga
    Sekolah kami memiliki fasilitas olah raga yang lengkap, seperti lapangan basket, volly, bulu tangkis, tenis meja.
  1. Ruang Tunggu Siswa
    Sekolah kami memiliki ruang tunggu siswa yang sangat nyaman.
  1. Kamar Mandi dan WC
    Sekolah kami memiliki kamar mandi dan WC yang bersih.
  1. Tempat Mencuci Tangan

SMP KATOLIK SANTO PAULUS memiliki jumlah rombel sebanyak 3, dengan uraian sebagai berikut:

Uraian Rombel 7 Rombel 8 Rombel 9
L P Tot L P Tot L P Tot
Jumlah 11 11 22 14 15 29 8 14 22

KEPALA SEKOLAH & GURU

Kepala Sekolah:

Sr. Sophia S.Sp.S, M.Pd

Guru:
  1. Dra. Diah Rahayuni A.M. (Wakil Kepala Sekolah)
  2. Drs. L. Hary Budi Utomo
  3. Nengah Seken
  4. Nengah Suliati
  5. Ni Nyoman Nuasih, S.Pd
  6. Valentino Yuliardi Christo, F.ST
  7. Made Mertayasa, S.Pd.B
  8. Jauri Ronly Rihi, S.Pd
  9. Gustianus Jelahu, S.Pd
  10. Rm. Robert Gaga Nae, Pr
  11. R.B. I Made Suryanta, S.Ag
  12. Luh Mahayani, S.Ag
  13. Pdt. Finsensius Oematan
  14. Ni Luh Suastini, S.Ag
  15. Theodora Yuni Arimbi, S.Pd
Pegawai:
  1. Yeni Kristina Yulia Hendayani
  2. Maria Margaretha Merry
  3. Kadek Suarsini
  4. Nyoman Mariana
  5. Leonardus Laka
  6. Mursyid
  1. Bulu Tangkis
  2. Catur
  3. TIK
  4. Mading
  5. Musik
  6. Pramuka
  7. Tenis Meja

Proses pendaftaran:

  1. Calon siswa mengisi form pendaftaran online dengan lengkap dan benar, setelah klik KIRIM, calon siswa akan menerima balasan email sebagai bukti sudah mendaftar.
  2. Calon siswa menerima balasan email dari pihak sekolah beserta informasi terkait pendaftaran siswa baru dan berkas-berkas yang harus dilengkapi.
  3. Calon siswa wajib membawa dan memberikan berkas-berkas yang diperlukan dengan datang langsung ke sekolah.

Silahkan isi data-data dibawah ini dengan lengkap dan benar.