Nama Sekolah: TK St. Maria Immaculata
Tahun Berdiri: 1987
Ijin Operasional:

Jenjang Sekolah: PAUD-TK
Status Akreditasi & Nilai:
Tanggal/Masa Akreditasi:

Jumlah Siswa:
Jumlah Kelas:
Jumlah Guru/Pegawai:

Alamat

Jl. Diponogoro no. 9, Dajan Peken
Kec. Tabanan, Kab. Tabanan
Bali

Galeri

  1. Mencerdaskan anak bangsa yang aktif ,kreatif dan inofatip serta berimak kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menumbuhkkan kemandirian pada ank dalam segala kegiatan.
  3. Menumbuhkan prilaku terampil pada ank dalam segala kegiatan.
  4. Mengoptimalkan kecerdasan anak sesuai usia dan perkembangannya.
  5. Mengembangkan keimanan dan ketakwaan sesuai keyakinan anak secara rutin /priodik.
  6. Memiliki rasa tanggung jawab serta solidaritas dengan sesama.
  7. Memiliki sikap toleransi satu sama lain.

TK Santa Maria Immaculata Tabanan didirikan pada tanggal 1 juli 1987 Sekolah TK ini berada diwilayah paroki St.Maria Immaculata - Tabanan yang beralamat di jalan Diponegoro no.9 Tabanan. TK Santa Maria Immaculata ini pada awalnya adalah milik paroki Tabanan yang dikelolah oleh para suster Alma dari Malang dengan nama TK Santa Maria dimana kehadiran mereka adalah untuk membantu Diosesan dan paroki pada waktu itu.

Perjalanan awal setelah terpisah dengan Yayasan Bakti Luhur (suster Alma Malang) sempat menimbulkan keberatan orang tua murid namun mereka tetap menyekolahkan anak di TK Santa Maria Jl. Diponegoro no.9 dan tidak menyetujui perpindahan ke Taman Sari (suster Alma) dengan alasan tempat dan halaman sempit.

Karena dalam pleno DPP Tabanan tersebut hadir juga Sr. M. Humiliata, PRR yang pada waktu itu berkarya di stasi Piling, maka suster diminta kesediaannya untuk mendampingi para guru TK diawal tahun ajaran baru.

Seiring perjalanan waktu, Rm. Damianus Djanggur,Pr mendekati Uskup Denpasar agar bisa menghadirkan suster kongregasi PRR di Tabanan. Atas kerjasama pihak paroki dan keuskupan sekolah ini berjalan baik ± 3 tahun, dan diharapkan agar dapat di kelolah oleh Yayasan Swastiastu yang pada waktu itu di bawah pimpinan Rm. P. Mariama, SVD untuk dikelolah lebih baik.

Pada tahun 1991 sekolah ini resmi berjalan di bawa Yayasan Swastiastu dengan jumlah murid

  • Murid lama: 26 anak
  • Murid baru: 20 anak

Yang dipimpin oleh Sr. M. Salvatora, PRR sebagai kepala sekolah . Sekolah yang pada awal perjuangan cukup sulit dan penuh pengorbanan oleh para tokoh-tokoh yang berperan ini ternyata mempunyai daya tarik dan pengaruh yang besar bagi masyarakat sekitar Tabanan, sehingga dari tahun ke tahun jumlah murid semakin meningkat dan pada tahun pejajaran 2013/2014 jumlah murid mencapai 261 siswa. Siswa tidak hanya berasal dari sekitar kota tabanan tapi juga datang dari desa desa yang cukup jauh seperti Penebel dan sekitarnya.

Pada bulan Februari 2000 terjadi perubahan nama Yayasan dari Yayasan Swastiastu menjadi Yayasan Insan Mandiri Denpasar. Sedangkan nama sekolah adalah “TK Santa Maria Immaculata “sesuai dengan pelindung Gereja paroki Tabanan. Nama-nama kepala sekolah yang pernah menjabat di sekolah ini adalah

  1. M. Salvatora, PRR dari Juli 1991 s/d 10 Agustus 1999
  2. M. Goretti, PRR dari November 1999 s/d Juni 2006
  3. M. Victoria, PRR dari Juni 2006 s/d Juli 2012
  4. M. Zita, PRR dari Juli 2012 s/d Juli 2013
  5. Sr. M. Roscella, PRR dari Juli 2013 sampai sekarang
  1. Waktu kegiatan sekolah TK, setiap hari dimulai pukul 07. 30 wita, dan Play Group sekolah setiap hari mulai pukul 07.30 – 09.30 wita, kecuali hari Sabtu siswa pulang jam 09.30. Mohon hadir 15 menit sebelum kegiatan di mulai. Berhubung pintu gerbang akan di tutup selama kegiatan berlangsung, demi ketertiban proses belajar mengajar dan kenyamanan anak didik.
  2. Semua siswa berbaris di halaman sekolah setelah bel berbunyi dan tidak di diperkenankan pengantar/orang tua murid berada di dalam kelas.
  3. Pintu gerbang masuk akan ditutup selama kegiatan.
  4. Siswa yang tidak masuk sekolah karena sesuatu hal, maka wajib menyampaikan kepada guru kelas, dan siswa yang minta ijin lebih dari dua (2) hari harus sampaikan kepada kepala sekolah.
  5. Kegiatan awal di buka dengan doa dan kegiatan akhir ditutup dengan doa bersama yang diatur oleh guru kelas.
  6. Siswa yang sakit lebih dari tiga (3) hari harus membawa surat keterangan dari Dokter.Telpon guru kelas/sekolah, tidak sekolah di kabarkan
  7. Siswa harus berseragam ke sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku antara lain:

• Senin – Selasa: Putih Biru + sepatu hitam + kaos kaki putih.
• Rabu – Kamis: Kotak-kotak + sepatu hitam + kaos kaki putih.
• Jumat – Sabtu: Olah Raga

  1. Siswa tidak diperkenankan:

• Memelihara kuku panjang
• Memakai cat kuku
• Memakai perhiasan emas
• Untuk putra rambut di cukur rapi

  1. Siswa wajib membawa makanan dan minuman dari rumah yang sudah dimasukkan dalam kotak makan dan tidak dibenarkan membawa makanan sejenisnya dalam kemasan plastik (pembungkus).
  2. Ke Sekolah siswa membawa tas yang berisi alat-alat tulis selengkapnya diantaranya:

a. Untuk TK A dan B.membawa buku tulis biasa, buku kotak-kotak tanggung,buku gambar tanggung dan pensil.
b. Untuk Play Group membawa buku kotak-kotak besar, buku gambar dan pensil.

  1. Untuk makan bersama/snack anak sekolah diadakan empat (4) kali dalam satu bulan yaitu setiap hari sabtu biaya ditanggung sekolah.
  2. Batas waktu keberadaan siswa di sekolah sampai jam 11.30 wita selanjutnya tanggung jawab orang tua.
  3. Demi keamanan dan ketertiban beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

a. Siswa diantar dan di jemput tepat pada waktunya.
b. Pengantar dan penjemput tidak diperkenan berada di dalan kelas dan dilingkungan sekolah selama kegiatan belajar berlangsung.
c. Jika pengantar dan penjemput masuk di lingkungan sekolah diharapkan sekali agar berpakaian sopan dan rapi sebagaimana mestinya.

  1. Bila siswa yang mutasi/pindah sekolah mohon menyampaikan dua (2) minggu sebelumnya,di sertai dengan surat permohonan dari orang tua murid yang bersangkutan.
  2. Uang sekolah dibayar setiap bulan selambat-lambatnya tanggal 10 disertai dengan kartu pembayaran.
  3. Siswa wajib menabung di sekolah di tangani oleh masing-masing guru kelas.
  4. Tidak diperkenankan pedagang-pedagang ataupun penjual-penjual asongan berada di lingkungan sekolah selama kegiatan sekolah berjalan.
  5. Semua yang terlibat dilingkungan sekolah turut serta menjaga keindahan dan kelestarian serta kebersiha di sekitar sekolah.
  1. Juara I dan III - Lomba Mewarnai Hari Anak Nasional
  2. Juara - Lomba Kolasi Tingkat Kecamatan

Sarana prasarana merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran disekolah. TKK St.M.Immaculata memiliki sarana dan prasarana yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan jumlah siswa yang ada.

Gedung Sekolah

TK St.M.Immaculata memiliki bangunan gedung dengan spesifikasi sebagai berikut:

• Ruang belajar atau Kelas sebanyak 7 dan 1 Ruang Komputer. Ruang belajar dengan jumlah murid di masing-masing ruangan ± 45 -50 anak dan 1 guru. Luas ruangan 7x8 m dengan pembagian sebagai berikut: 1 ruang untuk kelompok Bermain (PG), 2 Ruang untuk kelompok A, dan 4 ruang untuk kelompok B.
• Ruang Kantor Kepala Sekolah. Satu ruangan berukuran 7x8 m yang di bagi menjadi 4 bagian yakni Ruang Kepala sekolah, ruang TU, ruang Bendahara, dan Ruang tamu.
• Satu ruang panjang yang berada di belakang ruang kelas yang digunakan sebagai ruang guru, Dapur dan gudang

Halaman Bermain

TK St.Maria Immaculata memeiliki halaman bermain berbentuk hufuf L. Halaman ini digunakan untuk berbagai kegiatan seperti upacara bendera , latihan menari, olaraga, latihan dramben(kadang-kadang), bermain.

Alat Pemainan

Alat permainan di TK merupakan sarana yang sangat penting untuk menarik minat anak, dan membantu dalam proses pembelajaran.Karena permainan merupan kebutuhan anak. Dan sistem pembelajaran di TK adalah Belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar. Maka sekolah juga mengadakan macam- ,macam alat permainan baik didalam kelas maupun diluar kelas.

• Dalam Kelas, seperti: Balok angka,balok huruf, balok bangunan, Pussle, mobil-mobilan, alat pertukangan, alat dapur, alat dokter, alat pertanian, miniatur gedung,patung-patung dll

• Luar Ruangan, seperti: Papan luncur, Jungkitan, Ayunan, Putara, Tangga Majemuk

Kamar Mandi/WC

TK St.M.Immaculata memiliki 4 buah kamar mandi. 3 buah untuk anak-anak dan 1 buah untuk guru.

Fasilitas Pendukung
1. LCD

Dengan perkembangan kemajuan teknologi saat ini maka setiap ruamg kelas dilenmgkapi dengan LCD sebagai sala satu cara mengenalkan kepada anak akat teknologi daslam proses pembelajaran sekaligus menarik minat anak dalam belajar karena dengan menggunakan LCD sebagai salah satu metoide pembelajaran disana secara langsung anak bisa melihat dan menyaksikan ber bnagai macam bentuk pola dan kegiatan melalui gambar film dll

2. Speaker

KEPALA SEKOLAH & GURU

  1. SR. M. ROSCELLA, PRR - Kepala Sekolah
  2. ANASTASIA PR. DJIE
  3. MARTINA KT. AKHIR Y
  4. GETRUDIS GIRE TOBI
  5. A. NI MADE MURTINI
  6. Y.NI KT.LILIK WARTARIANI
  7. BERNADETHA NI KD DWI PUTRI LESTARI
  8. KETUT FRANSISCA MARTINI
  9. NI PUTU MAENAWATI
Pegawai
  1. NI NYM.AGNES TRINITI
  2. PETRUS PAULUS MEGA OWA
  3. ALFIANO HENDRAIS SANJUARI
  4. YOVITA RIA ALVIGA
  5. YANUARIUS UN FOUK
  1. Komputer (wajib bagi Kelompok B)
  2. Drumband (pilihan bagi Kelompok B)
  3. Tari Bali
  4. Angklung
  5. Mewarnai
  6. Tari Modern
  7. Bahasa Inggris (wajib)
  8. Camping (1 tahun sekali)

Proses pendaftaran:

  1. Calon siswa mengisi form pendaftaran online dengan lengkap dan benar, setelah klik KIRIM, calon siswa akan menerima balasan email sebagai bukti sudah mendaftar.
  2. Calon siswa menerima balasan email dari pihak sekolah beserta informasi terkait pendaftaran siswa baru dan berkas-berkas yang harus dilengkapi.
  3. Calon siswa wajib membawa dan memberikan berkas-berkas yang diperlukan dengan datang langsung ke sekolah.

Silahkan isi data-data dibawah ini dengan lengkap dan benar.