Nama Sekolah: TK Santa Maria Singaraja
Tahun Berdiri: 1969
Ijin Operasional:

Jenjang Sekolah: PAUD-TK
Status Akreditasi & Nilai:
Tanggal/Masa Akreditasi:

Jumlah Siswa:
Jumlah Kelas:
Jumlah Guru/Pegawai:

Alamat

Jl. Kamboja no. 3A, Banyuasri
Kec. Buleleng, Kab. Buleleng
Bali 81116

Telp.: (0362) 21366

Galeri

  1. Menanamkan dan mengembangakan sikap, perilaku, dan kepribadian sesuai dengan norma-norma agama
  2. Membangun dan mengembangkan kecerdasan peserta didik baik intelektual, spiritual, sosial dan emosional sesuai dengan tingkat perkembangannya
  3. Mengembangkan kemandirian peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya
  4. Membangun dan mengembangkan sikap kreatif, aktif, dan inovatif.
  5. Menanamkan dan mengembangkan sikap dan prilaku jujur, baik disiplin dan kepedulian.
  6. Menanamkan dan mengembangkan sikap kompetitif secara sehat kepada peserta didik dalam mendapatkan hasil yang terbaik
  7. Memberikan kegiatan pengembangan diri yang berwawasan budaya daerah dan nasional.

Pada awal tahun 1960 di kota Singaraja belum ada TK, dengan berjalannya waktu dan berkembangnya pendidikan, maka pendidikan anak pra sekolah atau pendidikan Taman Kanak-Kanak dirasakan sudah menjadi kebutuhan ditengan masyarakat. Atas permintaan masyarakat atau orang tua yang anaknya bersekolah di Sekolah Dasar Katolik Swastiastu (sekarang SDK Karya) memohon kepada Yayasan untuk membuka TK (pendidikan pra sekolah). Sehingga hal ini yang menjadi pertimbangan bagi Yayasan Swastiastu Pusat dan demi masyarakat, maka didirikan Taman Kanak-kanak pada:

Tanggal: 1 Januari 1969
Sekolah: TK Swastiastu
Alamat: Jl. Kambija No. 3 A Singaraja

Demikian sekolah Taman Kanak-Kanak Swastiastu didirikan demi pengembangan dan pengabdian terhadap masyarakat dan pembinaan anak-anak di Singaraja dan sekitarnya. Berdirinya TK juga dilandasi dengan dasar hukum sebagai berikut:

  1. Gereja, mengamanatkan untuk membantu masyarakat dan mengatasi ketidaktahuan dan kebodohan, maka gereja membentuk Yayasan Pendidikan yang bernama Yayasan Swastiastu namun sejak tanggal 1 Februari 2000 diganti menjadi Yayasan Insan Mandiri.
  2. UUN 1945 Bab XIII tentang pendidikan, khususnya Pasal 31 ayat 1 yaitu tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran. Namun sejak tanggal 1 Februari 2000 nama TK Swastiastu diganti menjadi TK Santa Maria sampai sekarang yang diperkuat dengan akte perubahan No. 1 Tahun 2000.

Dalam perkembangannya, untuk lebih memantapkan keberadaan TK Santa Maria dari berdirinya sampai sekarang itu dilandasi atas dasar:

  1. Kebutuhan masyaarakat akan pendidikan anak usia dini
  2. Demi pengembangan dan pengabdian terhadap masyarakat Singaraja dan sekitarnya dalam pembinaan anak usia dini
  3. Amanat dari gereja yang menekankan kita wajib membantu orang atau masyarakat dengan memberikan yang terbaik sesuai kemampuan kita

Berdirinya TK Santa Maria tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan tokoh rohani, dan beberapa pihak-pihak terkait yaitu:

  1. Yayasan Insan Mandiri Denpasar.
  2. Tokoh-tokoh Umat Kristiani (Gereja Katolik)
  3. Pemerintah (Dinas Pendidikan)
  4. PEMDA (Pemerintah Daerah)
  5. Masyarakat (Orangtua murid)

Selanjutnya dalam perkembangannya TK Santa Maria terus berbenah diri untuk terus meningkatkan mutu pelayanan serta mutu pendidikan dengan mengikuti arus perkembangan jaman serta perkembangan IPTEK. Selain itu juga meningkatkan wawasan guru dengan mengikutkan pelatihan-pelatihan/diklat, workshop maupun seminar-seminar yang ada.

Semoga di tahun yang akan datang, TK Santa Maria dapat berkembang lebih baik lagi, sesuai harapan dan dukungan dari semua pihak, baik dari Tokoh masyarakat, Komite, Dewan Guru, dan Pemerintah Kabupaten Buleleng , yang senantiasa dapat memberikan pelayanan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan Pendidikan Anak Usia Dini.

  1. Anak-anak masuk pukul 07.30 wita,selambat-lambatnya 5 menit sebelum bel tanda masuk berbunyi semua anak sudah ada di sekolah .
  2. Anak yang datang terlambat supaya menunggu di luar pintu kelas selama anak-anak sedang berdoa dan apabila terlambat pada waktu upacara bendera anak langsung bergabung dengan barisan kelompoknya, lewat barisan belakang sehingga tidak mengganggu jalannya upacara.
  3. Selama pelajaran berlangsung, anak-anak wajib mengikuti pelajaran dengan situasi tenang dan sungguh-sungguh.
  4. Keluar masuk ruangan selama pelajaran berlangsung, harus seijin guru kelas.
  5. Selama jam sekolah, jika ada anak yang mendahului pulang harus seijin guru kelas/kepala sekolah .
  6. Selama jam sekolah berlangsung , orang tua atau penganta /penjemput tidak diperkenankan menunggu di halaman sekolah atau di luar kelas sebab pintu akan dikunci ( 07.30 – 10.00 wita ) ini membiasakan anak agar mandiri sejak dini.
  7. Untuk menjaga hal – hal yang tidak diinginkan:
    • Anak-anak tidak diperkenankan membawa uang maupun mainan ke sekolah.
    • Anak-anak tidak diperbolehkan memakai/mengenakan perhiasan emas maupun perhiasan lain ke sekolah.
    Apabila ada anak yang melanggar ketentuan di atas, ( point a & b ) pihak sekolah tidak bertanggung jawab bila terjadi kehilangan/kerusakan.
  8. Bagi anak laki-laki tidak diperkenankan berambut panjang,senantiasan dicukur pendek dan tidak diijinkan pakai anting/ditindik.
  9. Bagi anak perempuan yang berambut panjang agar diikat / dijalin yang rapi.
  10. Waktu istirahat, semua anak harus berada di luar kelas supaya mereka dapat bergaul dan berinteraksi dengan kawannya.
  11. Hari Senin s/d Sabtu anak – anak pulang jam 10.00 wita . Orang tua / penjemput supaya 5 menit sebelum jam pulang sudah datang.
  12. Anak tidak masuk sekolah karena sesuatu hal , orang tua harus memberi khabar baik secara tertulis , lisan maupun telpon dan apabila ada anak yang tidak masuk sekolah sampai 7 hari berturut – turut tanpa keterangan , dianggap anak itu keluar.
  13. Bagi orang tua yang akan berkonsultasi dengan guru kelas , supaya setelah jam belajar anak usai.
  14. Setiap anak wajib memakai seragam seperti yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu:
    • Hari Senin & Selasa: Seragam batik merah & rok/celana putih
    • Hari Rabu & Kamis: Seragam kotak biru .
    • Hari Jumat: Kaos Olah Raga
    • Hari Sabtu: Pakaian bebas, bersih & rapi.
  15. Anak-anak diwajibkan pakai sepatu dan kaos kaki seperti yang telah ditentukan oleh sekolah (sepatu hitam,kaos kaki dari sekolah), kecuali jika kaki Sakit.
  1. Ruang Belajar
  2. Perpustakaan
  3. UKS
  4. Tempat Sembahyang
  5. Lapangan Olah Raga
  6. Kantin
  7. Ruang Tunggu Siswa
  8. Kamar Mandi / WC
  9. Tempat Mencuci Tangan
Kepala Sekolah & Guru
  1. M.I. Sri Suratri P.M., S.Pd.AUD - Kepala Sekolah
  2. Ida Ayu Putu Asmini, S.Pd.AUD
  3. Maria Chatarina Surtini, S.Pd.AUD
  4. Diah Tri Rahayu, S.Pd.AUD
  5. Ni Ketut Sartika, S.Pd.AUD
  6. Made Suartini, S.Pd
  7. Yosephine Priscilla Putri Rosari, S.Pd
Pegawai
  1. Emilia Adnyani
  2. I Nengah Citra Wijaya
  1. Drumband
  2. Menyanyi
  3. Mewarnai dan Menggambar
  4. Fashion Show

Proses pendaftaran:

  1. Calon siswa mengisi form pendaftaran online dengan lengkap dan benar, setelah klik KIRIM, calon siswa akan menerima balasan email sebagai bukti sudah mendaftar.
  2. Calon siswa menerima balasan email dari pihak sekolah beserta informasi terkait pendaftaran siswa baru dan berkas-berkas yang harus dilengkapi.
  3. Calon siswa wajib membawa dan memberikan berkas-berkas yang diperlukan dengan datang langsung ke sekolah.

Silahkan isi data-data dibawah ini dengan lengkap dan benar.