Nama Sekolah: SMAK Kesuma Cakranegara
Tahun Berdiri: 1965
Ijin Operasional: 67/DG/6565

Jenjang Sekolah: SMA
Status Akreditasi & Nilai: A, 92.00
Tanggal/Masa Akreditasi:

Jumlah Siswa: 255
Jumlah Kelas: 22
Jumlah Guru/Pegawai:

Alamat

Jl. Pejanggik No. 110, Cilinaya
Kec. Cakranegara, Kota Mataram
NTB 83231

Telp.: (0370) 645695

Galeri

Didirikan pada tanggal 5 Agustus 1965 dengan nama SMAK Swastiastu, nama sekolah kemudian diubah menjadi SMAK Kesuma, Kesuma merupakan singkatan dari “Kecerdasan Suluh Masyarakat”. Semangat yang terkandung dalam nama sekolah menjadi tujuan utama peran serta sekolah dalam mewujudkan amanat UUD 1945 dan tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, demi mewujudkan Bangsa Indonesia yang maju dan mandiri.

Telah tujuh kali berganti pimpinan kepala sekolah:

  1. Suwartoyo (1965 – 1967)
  2. Nico Vino Pedor (1968 – 1984)
  3. Djojo Sumpeno, BA (1984 – 1993)
  4. Filipus Widodo, BA (1993 – 2003)
  5. Sr. M. Valentine, AK. (2003 – 2010)
  6. Vincentius Y. Utomo, S.Pd. (2010 – 2015)
  7. Ary Priyo Rinowo, S.Pd. (2015 – sekarang)

Dalam perjalan prestasinya SMA Katolik Kesuma terus mendapat kepercayaan dari pemerintah daerah untuk mewakili Kota Mataram dan Propinsi NTB di kancah nasional bahkan internasional, serta menjadi pilot project/sekolah rujukan dalam program pemerintah. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 [K 13] dengan metode Backward Design, dengan demikian siswa dilatih untuk aktif, mandiri dan berpikir kritis. Siswa didorong agar mampu mengorientasikan tujuan, menganalisa kebutuhan dan menemukan solusi pada masalah yang timbul selama proses. Kesatuan metode ini ditujukan agar terciptanya generasi yang cerdas, mandiri dan berkarakter yang mau dan mampu bersaing dalam era globalisasi.

Suasana lingkungan sekolah yang nyaman juga menjadi faktor pendukung proses belajar; oleh karena itu tata ruang sekolah, pengadaan, pemeliharaan & peningkatan sarana dan prasarana terus digalakan sejalan dengan standar kebutuhan yang mengikuti kemajuan teknologi.

1. RUANG KELAS

Menyesuaikan dengan perkembangan jumlah siswa, jumlah ruang kelas juga disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kenyamanan dalam kegiatan belajar, kini ruang kelas dilengkapi dengan pendingin (AC). Jumlah ruang kelas saat ini 22 kelas.

2. LABORATORIUM FISIKA

Ruang Laboratorium Fisika berada di lantai 2 gedung timur (Gedung Laboratorium) gedung yang dahulunya masih 1 lantai dan hanya difungsikan sebagai ruang kelas dan Laboratorium IPA. Ukuran ruangan ini lebar 8 meter dan panjang 15 meter.

3. LABORATORIUM KIMIA - BIOLOGI

Laboratorium Kimia – Biologi berada persis disamping Lab. Fisika dengan ukuran ruangan yang persis sama. Kelengkapan alat peraga dan bahan-bahan praktikum di Lab. Biologi sempat menjadikan loboratorium ini sebagai rujukan praktikum mahasiswa IKIP Mataram pada tahun 1990-an.

4. LABORATORIUM KOMPUTER

Laboratorium Komputer dikembangkan setelah adanya mata pelajaran TIK dalam kurikulum KTSP, namun setelah perubahan kurikulum yang digunakan adalah K-13 dimana matapelajaran TIK tidak lagi diajarkan, penggunaan Lab. Komputer hanya diperuntukkan saat penyelenggaraan ujian berbasis komputer, pelajaran tertentu, dan kegiatan ektrakurikuler. Kini ruang Laboratorium Komputer memanfaatkan ruang yang ada di kompleks kantor Yayasan IMAN Denpasar Cabang Lombok.

5. LABORATORIUM MULTIMEDIA BAHASA

Pengadaan Laboratorium Multimedia Bahasa dimulai tahun 2012 untuk menunjang program pengembangan kurikulum, mengingat kemajuan tenologi dan penerapannya dalam proses pembelajaran semakin digalakan.

6. PERPUSTAKAAN
7. UKS
8. RUANG IBADAH
9. KANTIN & KOPERASI

SMA KATOLIK KUSUMA CAKRANEGARA memiliki jumlah rombel sebanyak 18, dengan uraian sebagai berikut:

Uraian Rombel 10 Rombel 11 Rombel 12
L P Tot L P Tot L P Tot
Jumlah 82 70 152 84 78 162 125 130 255

Nama Kepala Sekolah: B. ARY PRIYO RINOWO, S.PD.

Wakil Kepala Bidang:

• Kurikulum: Vincentius Y. Utomo, M.Pd.
• Kesiswaan: Ferdinand Subarman, A.Md.
• Sarana Prasarana: Drs. I Nengah Gede Suarcana
• Hubungan Kemasyarakatan: Ni Ketut Suliyati, S.Pd.

Ekstrakurikuler juga menjadi perhatian dalam peningkatan prestasi Non-Akademis, dengan mengupayakan beberapa ekskul wajib dan pilihan, diantaranya:

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Bola Basket
  4. Futsal
  5. Gendang Beleq
  6. Modern Dance
  7. Fotografi & Videografi
  8. Seni Tari Tradisional
  9. Teater
  10. English Club
  11. Japanese Club
  12. Pecinta Alam
  13. Tata Boga.

Proses pendaftaran:

  1. Calon siswa mengisi form pendaftaran online dengan lengkap dan benar, setelah klik KIRIM, calon siswa akan menerima balasan email sebagai bukti sudah mendaftar.
  2. Calon siswa menerima balasan email dari pihak sekolah beserta informasi terkait pendaftaran siswa baru dan berkas-berkas yang harus dilengkapi.
  3. Calon siswa wajib membawa dan memberikan berkas-berkas yang diperlukan dengan datang langsung ke sekolah.

Isilah data-data dibawah ini dengan lengkap dan benar.