Nama Sekolah: TK St. Don Bosco
Tahun Berdiri: 1971
Ijin Operasional:

Jenjang Sekolah: PAUD-TK
Status Akreditasi & Nilai:
Tanggal/Masa Akreditasi:

Jumlah Siswa:
Jumlah Kelas:
Jumlah Guru/Pegawai:

Alamat

JL. Beo no. 3A, Cakra Barat
Cakra Negara, Mataram,
NTB 83239

Telp.: (0370) 631342
Email: tkdonbosco@yysimandps.co.id

Galeri

TK Santo Don Bosco Cakranegara, berkomitmen meneladan Santo Don Bosco dan menjadikannya sebagai pelindung sekolah. Alasan penting sekolah memilihnya sebagai pelindung sekolah adalah karena Santo Don Bosco telah mengambil peranan besar dan mulia dalam karya keselamatan manusia. Santo Don Bosco dalam konteks ini, telah menampilkan dirinya sebagai seorang anak muda yang bijak, gigih dalamm berjuang, saleh dan sangat tekun dalam mendidik dan mendampingi kaum muda untuki dekat pada Tuhan, yakni Tuhan Yesus, Sang Guru Agung. Maka dalam makna ini, sekolah memilihnya sebagai pelindung. Sifat dan keteladan Santo Don Bosco yang sangat menonjol adalah:

1. Percaya pada kasih Allah

Dalam kisah hidupnya, Santo Don Bosco pada usia 9 tahun, mendapatkan mimpi yang menakjubkan, yang mengubah seluruh hidupnya. Dalam mimpinya Don Bosco sedang berada di lapangan yang luas, melihat anak-anak tertawa, bermain dan ada pula yang bersumpah serapah, menghina Tuhan. Don Bosco berlari untuk menghentikan mereka sambil berteriak dan mengepalkan tinjunya. Saat itu pula tampaklah seorang berjubah putih dan wajahnya bersinar, Ia memanggil Don Bosco dan meminta unruk tenang serta menasihatinya agar anak-anak itu sebagai temannya dan menyadarkan mereka akan dosa-dosa mereka dengan cara lemah lembut.

Keyakinan akan Kasih Allah itu pula kiranya menjadi spiritualitas dasar bagi sekolah, khususnya bagi para tenaga pendidik dan pendidikan di lingkungan Sekolah TK Santo Don Bosco Cakranegara. Spiritualitas itulah yang hendaknya senantiasa melandasi setiap gerak langkah komunitas sekolah, termasuk peserta didik, yang belajar di sekolah ini.

2. Setia pada Tugas Perutusan

Santo Don Bosco setia menunaikan tugas kewajibannya. Dalam kesahajaan, ia dengan setia dan tanpa ragu mentaati perintah Tuhan.

Santo Don Bosco menerima panggilan untuk menemani kaum muda dengan setia. Ia telah mempertaruhkan semuanya yang terbaik. Sebagai seorang Yahudi yang baik, ia bertanggung-jawab atas pendidikan religius Kaum muda, termasuk mengajari-Nya membaca Kitab Suci. Santo Don Bosco pastilah seorang teladan yang baik hati dan gagah bagi Kaum muda. Kehormatan bagi Santo Don Bosco bahwa Allah Bapa telah mempercayakan Kaum Muda ke dalam pendidikannya.

Keluarga Besar TK Santo Don Bosco, ingin meneladan Santo Don Bosco dalam tugas perutusan masing-masing, baik sebagai tenaga pendidik, kependidikan mau orang tua dari anak-anak yang sesungguhnya. Komunitas TK Santo Don Bosco menyadari bahwa sepenuhnya tugas perutusan yang dipercayakan Tuhan untuk mendidik para siswa yang beraneka latar belakang di sekolah ini harus dilaksanakan dengan tulus dan penuh tanggung jawab demi tegaknya Kerajaan Allah di dunia ini.

3. Peka terhadap Kehendak Allah

Ketika diketahui banyak Kaum Muda membutuhkan Santo dengan penuh kesetiaan. Namun kelembutan hatinya senantiasa membuat terbuka terhadap bisikan Allah.

Keterbukaan Santo Don Bosco pada kehendak Allah didasarkan pada imannya yang hidup. Ada suatu kepercayaan dan kepasrahan pada rencana terindah Allah dalam dirinya. Teladan Santo Don Bosco mampu menyadarkan kita akan pentingnya membangun relasi yang personal dengan Allah. Proses pembentukan tersebut diupayakan dan dipupuk melalui hidup doa, dan karya nyata, yakni pelayanan pendidikan yang maksimal, tanpa membeda-bedakan ras dan etnis dan suku. Doa merupakan sarana tepat untuk berjumpa dengan Tuhan. Dalam doa kita berjumpa dengan Tuhan, makin mengenal Tuhan, dan mengetahui kehendak Tuhan atas diri kita.

TK Santo Don Bosco Cakranegara didirikan pada tanggal 31 Januari 1971 dengan akte Notaris Ida Bagus Rurus, pada tanggal 15 Mei 1958. TK Santo Don Bosco Cakranegara yang berada di wilayah Keuskupan Denpasar. Tokoh-tokoh yang berperan dalam pendirian awal sekolah ini adalah Mgr. Hubertus Hermens, SVD, Perfektur Apostolik Keuskupan Denpasar (Pastor Hermen Embuiru,SVD).

Sekolah yang awalnya serba terbatas ini ternyata membawa daya tarik sendiri bagi masyarakat. Awalnya tidak banyak siswa yang mendaftar, namun seiring berjalannya waktu dan meningkatnya animo masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di TK Santo Don Bosco Cakranegara, membuat Yayasan dan para pendiri sekolah ini mengembangkannya menjadi beberapa parallel kelas. Hal ini berkaitan erat dengan manajemen sekolah.

Pada tahun 2000 terjadi perubahan nama Yayasan. Semula bernama Swastiastu, kemudian menjadi Insan Mandiri. Beberapa Kepala Sekolah yang pernah menjabat, di TK Santo Don Bosco Cakranegara yakni:

  1. Valentina Marjiah
  2. M. Anisceta, AK
  3. M. Attanasia, AK
  4. M. Margaretha, AK
  5. M. Elisa, AK
  6. M. Victoria, AK (tahun 2014 hingga sekarang)
TATA TERTIB TK SANTO DON BOSCO CAKRANEGARA
  1. Sekolah dimulai pukul 07.30 Wita, pukul 07.30 wita anak anak berbaris dihalaman.
  2. Jadwal belajar diatur sebagai berikut:
    • Senin-Kamis jam sekolah: pk. 07.30-10.00 wita (PG), pk. 07.30-12.00 wita (TK)
    • Jumat jam sekolah: pk. 07.30-10.00 wita (PG), 07.30-11.00 wita (TK)
  1. Apabila Peserta Didik tidak masuk, harus memberitahukan pada guru kelas (keterangan tertulis)
  2. Peserta Didik memakai Pakaian Seragam dan sepatu yg telah ditentukan oleh Sekolah.
  3. Apabila Peserta Didik terlambat, sanggup menerima sanksi yg diberikan guru kelas / Kepala sekolah.
  4. Uang Sekolah dibayar sebelum tanggal 10 dalam bulan dan semua Biaya Administrasi harus dibayar pada Bagian Keuangan.
  5. Peserta Didik Baru boleh ditunggu saat permulaan masuk sekolah. (10 hari).
  6. Orang tua tidak boleh menuntut anak naik kelas sebelum ditentukan oleh Pihak sekolah.
  7. Setiap Pesrta Didik wajib mengikuti   kegiatan yang diadakan oleh sekolah
  8. Anak Play Group tidak diperbolehkan mengikuti Pelajaran Tambahan
  9. Setiap ada pertemuan orang tua, wajib menghadirinya.
  10. Orang tua yg datang ke sekolah mohon berpakaian rapi dan sopan (tidak memakai kaos tanpa lengan,   sandal jepit dan celana pendek).
  11. Bagi Pesrta Didik yang tidak masuk sekolah beberapa bulan, dan tidak ada pemberitahuan kepada pihak sekolah tetap diwajibkan membayar Uang Sekolah.
  12. Jadwal Penggunaan seragam:
    SENIN: Blazzer Biru (sepatu hitam dan kaos kaki putih)
    SELASA: Kotak-Kotak Merah
    RABU: kotak-Kotak Merah
    KAMIS: Seragam Kota-Kotak Biru
    JUMAT: Seragam Kotak-Kotak Biru
    SABTU: Kaos Olah Raga

Sarana dan prasarana adalah semua fasilitas sekolah termasuk SDM yang ada yang memungkinkan segala proses pendidikan dapat berjalan baik, berkualitas sehingga memungkinkan terealisasinya semua program sekolah dengan baik dan berkualitas

1. Gedung Sekolah

TK Santo Don Bosco Cakranegara memiliki bangunan gedung sebagai tempat belajar dengan spesifikasi : ruang belajar (kelas): 20 ruang, dengan luas masing-masing kelas : 7 x 8 meter, lengkap dengan fasilitas belajar yang dibutuhkan pada proses pembelajaran berlangsung.

2. Perpustakaan

Sekolah memiliki 1 ruang perpustakaan yang cukup representatif, luas: 6 x 8 meter, terdiri dari satu ruang, full AC sehingga semua siswa dapat mengembangkan minat baca dan wawasan mereka pada saat istirahat, pukul 09.00 dan pukul 11.30 Dilayani oleh 1 pustakawati.

Ada 3 kategori buku yang ada di Perpustakaan dengan jumlah berbeda, yakni: Buku Non Fiksi: 21.036 ex; Buku Fiksi: 4343 eks, dan referensi: 1144 eks.

3. Aula Sekolah

TK Santo Don Bosco Cakranegara memiliki 1 gedung aula dengan luas : 7 x 16 meter, yang kemanfaatan nya untuk misa bersama awal bulan dan hari-hari penting tertentu seperti: pendidikan nilai, sosialisasi BIAS, Sosialisasi SKL dan Bedah Materi, pertemuan dengan tamu yang studi banding, pelajaran agama, aktivitas seni, dan lain sebagainya sesuai keperluan.

4. Kebun Sekolah/Taman Sekolah

Halaman TK Santo Don Bosco Cakranegara ada di depan, tengah, samping, belakang kelas. Penataan halaman dilaksanakan agar kelihatan indah, asri dan lestari. Penataan kebun/taman sekolah ini dengan menanam beraneka jenis bunga, tanaman perindang dan yang tidak kalah pentingnya adalah tanaman obat. Pada halaman depan tepatnya di pintu gerbang, setiap tamu yang masuk akan disapa oleh taman bunga. Perawatan kebun/taman sekolah ini diserahkan kepada masing-masing kelas sesuai kesepakatan dan letak kedekatannya dengan ruang kelas.

5. Ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Ruang UKS terpisah dari ruang belajar anak-anak, juga dari ruang Kepala Sekolah dan guru-guru. Ruang UKS dilengkapi dengan data dan sarana yang ada kaitannya dengan masalah kesehatan, seperti disediakannya almari obat beserta obat-obatannya, tempat tidur pasien, tempat mencuci tangan dan dilengkapi dengan tisu gulung. Ruang UKS berfungsi untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) bagi anak-anak atau guru-guru yang mendapat kecelakaan ringan. Selain itu juga dapat digunakan untuk penimbangan berat dan pengukuran tinggi badan anak-anak. Untuk kebersihan ruang UKS ini dijaga oleh piket jaga baik anak-anak dan guru.

6. Kebun Sekolah/Taman Sekolah

Halaman TK Santo Don Bosco Cakranegara ada di depan, tengah, samping, belakang kelas. Penataan halaman dilaksanakan agar kelihatan indah, asri dan lestari. Penataan kebun/taman sekolah ini dengan menanam beraneka jenis bunga, tanaman perindang dan yang tidak kalah pentingnya adalah tanaman obat. Pada halaman depan tepatnya di pintu gerbang, setiap tamu yang masuk akan disapa oleh taman bunga. Perawatan kebun/taman sekolah ini diserahkan kepada masing-masing kelas sesuai kesepakatan dan letak kedekatannya dengan ruang kelas.

7. Lapangan Olahraga

Dalam kegiatan ekstrakurikuler maupun intrakurikuler sekolah, seperti kegiatan permainan tradisional, menari, olahraga sudah tentunya akan menggunakan halaman sekolah. Setiap hari Senin dan hari besar nasional akan selalu dilaksanakan upacara bendera di halaman sekolah.

8. Kamar Mandi/WC

Kamar mandi dan WC wajib dimiliki setiap sekolah, dengan tersediannya sarana ini akan tercermin kebersihan suatu sekolah. Di TK Santo Don Bosco Cakranegara sudah tersedia 1 kamar mandi/WC guru, 20 WC siswa, satu urine oil. Kebersihan kamar mandi dan WC ini menjadi tanggung jawab sekolah khususnya petugas kebersihan sekolah. Sumber air baik untuk kegiatan kebersihan berasal dari sumur.

9. Tempat Mencuci Tangan

Sarana untuk mencuci tangan sangat penting, maka dari itu TK Santo Don Bosco Cakranegara, menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan sesuai dengan rasio yang dibutuhkan.

10. Laboratorium Komputer

TK Santo Don Bosco Cakranegara, dilengkapi dengan laboratorium komputer dengan terdapat 20 komputer yang digunakan oleh para murid untuk belajar komputer dari kelas 1 sampai dengan kelas 8. Laboratorium komputer dilengkapi dengan LCD sehingga pembelajaran komputer dapat dilakukan secara interaktif oleh guru dengan murid.

KEPALA SEKOLAH & GURU

  1. Sr. M. Victoria, AK - Kepala Sekolah
  2. Andreani Ni Made Supriani
  3. Kristina Wastutik
  4. Dian Apriani Wulandari
  5. Ni Wayan Sarah
  6. Rosalia Sri Kadarini
  7. Elfrida Niru
  8. Veronica Mita Rusbianty
PEGAWAI
  1. Benedita Nita Angelia Putri
  2. Ida Bagus Sanjaya Putra
  3. Yulita Malo
  4. Remigius Tati
  1. Komputer (wajib bagi Kelompok B)
  2. Drumband (pilihan bagi Kelompok B)
  3. Tari Bali
  4. Angklung
  5. Mewarnai
  6. Tari Modern
  7. Bahasa Inggris (wajib)
  8. Camping (1 tahun sekali)

Proses pendaftaran:

  1. Calon siswa mengisi form pendaftaran online dengan lengkap dan benar, setelah klik KIRIM, calon siswa akan menerima balasan email sebagai bukti sudah mendaftar.
  2. Calon siswa menerima balasan email dari pihak sekolah beserta informasi terkait pendaftaran siswa baru dan berkas-berkas yang harus dilengkapi.
  3. Calon siswa wajib membawa dan memberikan berkas-berkas yang diperlukan dengan datang langsung ke sekolah.

Isilah data-data dibawah ini dengan lengkap dan benar.